"Kita sudah cukup begini, kita hanya punya nama baik, itu saja yang harus kita jaga terus." (Muhammad Hatta)

Persetan Dengan Go Green

Rabu, 02 April 2014

Assalamu'alaikum, Wr, Wb.

Setelah 2 bulan terakhir dengan berturut-turut gw bikin 6 posting yang berbau lope-lope gitu. Kini gw akhirnya mau posting lagi tentang kisah-kisah visioner dalam kelap-kelip hidup gw (kayak lampu anak klub motor aja kelap-kelip). Postingan kali ini bukan seperti postingan terpanjang gw yang isinya curhat cinta atau pun lanjutan dari cerpen cinta gw berjudul i-rasional bagian kedua. Jadi jangan khawatir kalo kali ini lu bakal mencret-mencret trus salesma (tau salesma?) gara-gara baca postingan gw. Hiihihihi...

Ini soal gaya hidup Go Green... Go artinya 'lima' sedangkan Green artinya 'motor (motor gren)' jadi ini soal bagaimana lima kambing harus hidup dalam sebuah kandang ayam. Hahahahaha.... boongan deng...
sampah
Persetan dengan Go Green. (Sumber: kegilaanku.wodpress.com)
Ok, Gaya hidup hijau sepertinya memang sedang ngetren saat ini meski di satu sisi masih banyak orang-orang yang belum Go Green seutuhnya (kayak gw ini). Padahal sudah banyak orang lumayan pintar, tapi kenapa pada beli mobil murah LCGC trus di bawa masuk ke dalam kota (tapi gw belum beli LCGC ding, jadi jujur gw ngiri). Padahal kan seperti kita tahu, tak sedikit pula yang beli LCGC itu sebelumnya cuma pake motor, yang kalo di bawa masuk ke dalam kota bensinnya gak banyak2 amat, gak makan banyak badan jalan amat.

LCGC (Low Cost Green Car) yang mendapat insentif pajak dari pemerintah itu kini jadi mobil laris manis. Orang-orang yang kismin, eh bukan kismin deng, tapi yang gajinya menengah kira-kira di atas 5 jt baru bisa beli ini mobil. Katanya mobil murah, toh satpam atau OB belum bisa beli ini mobil. Dulu pemerintah berdalih mobil ini cocok di pedesaan, dan cuma di rekomendasikan menggunakan bensin dengan oktan 90 ke atas alias pertamaxxx gan (ini bukan komen loh). 

Faktanya, mobil murahan itu makin ramai memadati jalanan Jabotabek. Tiap jalan ke kampus di cikokol Tangerang misal, gw sering liat ini mobil yang kadang cuma ditumpangi 1 orang, ikut bikin macet bareng angkot yang berenti seenak jidat. Faktanya juga, mobil murahan ini malah ngikut ngantri selang kuning (bensin) Pertamina. Jujur, menurut gw, inilah kebijakan pemerintah yang bisa di bilang tolol. Gak mutu.

Pemerintah malah mengajarkan orang-orang kisminnya, eh orang kelas menengah-nya ding dengan manja. Pemerintah sok kepedean dengan programnya itu, yang katanya bisa menambah banyak lapangan kerja baru di industri otomotif. Jangan pede deh pemerintah, lu pikir jalanan di Indonesia udah lebar-lebar dan mulus apa? Lu pikir tata ruang kota di Indonesia udah rapi apa? Lu pikir penyebaran penduduk udah merata apa? Dan lu pikir dengan menggeloranya industri otomotif nasional Indonesia jadi langsung Maju dan Wow gitu? Woy pemerintah begooo (untungnya ini bukan zaman Soeharto. Hihihihi....) kebanyakan di suap jepang sama USA sih jadinya tengleng kek begono noh. (ya udah genk, lu aja jadi pemerintah sono kalo lu pinter mah).

Tapi akhirnya, karena kemacetan yang makin semrawut itu ternyata membuat sebagian orang stres beralih transportasi kalo mau ke kota. Misal ke Jakarta. Kayak gw ini, sekarang kalo ke Jakarta (meski cuma kadang-kadang ke Jakartanya) seperti ke kantor bos gw di pasar minggu, gw lebih milih naek KRL. Sebelumnya, gw nebeng sama temen atau uplak-upluk naek motor bebek pega jet er gw yang cuma 105cc kalo mau ke Jakarta I Hate You. Tapi akhirnya gw insyaf naek bebek ke Jakarta, sekarang gw lebih milih naek KRL yang ternyata murahan banget dan lebih cepat, meski nungguin keretanya masih cukup lama dan sekalinya dapet lebih banyak berdiri.

Sebenernya gw ingin juga sih hidup lumayan go green di Tangerang dengan naek angkot ke kampus. Tapi coy gila, masa ke kampus yang jaraknya sekitar 18 kilo dari rumah, butuh waktu 1 jam bahkan lebih kalo naek angkot. Sepertinya memang pemkab dan pemkot Tangerang belum pro transportasi publik nih. Mereka seolah ngebiarin aja angkot-angkot beroperasi seenak jidat. Padahal kalo angkot-angkot itu ditata, Tangerang gak butuh MRT (emang tangerang punya MRT genk?) Jalanan Tangerang gak akan macet.

Kenapa lu gak beli sepeda aja genk?

Gw sih pengen beli sepeda, sepeda yang bagusan gitu, tapi duit belum cukup. Jujur aja, ada sepedah rombeng mah, cuma kan gw masih gengsian kalo sepedahan ke kota pake sepeda rombeng. Ntar dikata, "dih itu orang, ganteng-ganteng kok mau sih naek sepeda ke kampus, sepedanya rombeng lagi," bukan kenapa-napa, gw khawatir ada cewek anak orang kaya lihat gw di jalan trus jatuh cinta, trus ngajakin gw kawin. Kan berabe urusannnya. Hahahaha...

Suatu saat, gw memang akan beli sepeda, cuma berhubung sekarang lagi fokus bayarin motor bebek yang baru masuk 27 dari 34 bulan, dan bayar utang lain-lainnya juga foya-foya dan kadang lagi sibuk minta duit ke orang tua buat bantuin bayaran kuliah, jadi memiliki sepeda bagus yang berharga 3 jutaan masih menjadi mimpi gw dulu. Selow lahh...

Terus elu emang udah go green genk? Lu kan merokok, membebani ozon asapnya.

Ya memang, gw belum go green. Tapi setidaknya gw itu udah mengurangi penggunaan plastik saat belanja ke warung atau minimarket ketika cuman belanja se-emprit. Misal, tiap malem kan gw suruh beli obat nyamuk biar nyamuk jadi gede-gede badannya sama beli lain-lainnya. Tapi kalo masih bisa masuk kantong celana atau di pegang sama tangan tuh belanjaan, gw menolak pemberian kantong plastik.

Terus kalo dirumah, sekarang gw adalah orang yang menganggap bahwa benda-benda semacam botol akua, gelas plastik, kaleng minuman, sampe yang terbuat dari logam tapi bekas selalu gw anggap bernilai. Biasanya gw kumpulin di sebuah plastik besar, di satuin sama barang bekas ojolan punya abah. :D

Cuma memang, gw ini masih belum sadar tentang kebersihan. Kadang kalo lagi nongkrong, gw msh suka buang puntung rokok sembarangan juga sampah jajanan begitu aja. Eh tapi kalo lagi di tepi pantai, gw udah mendeklarasikan diri sendiri untuk tak membuang sampah saat harus di tempat tersebut. Ini ciussss...

Terus apa lagi genk?

Ok, sebagai tambahan inspirasi gaya hidup go green, gw bakal ceritain gaya hidup go green ala papa gw (prett, gak pantes ngomong papa lu genk, abah juga). 

Ya sudah, karena gw low profile, gw panggil papa dengan abah aja deh. Ya, kalo bicara go green go greenan. Abah gw itu paling go green di rumah dan di keluarga gw. Entahlah, mungkin bisa dikatakan pula iya cenderung memegang teguh ideologi orang cina (ini bukan bermaksud rasis) meski pun dia bukan cina. Maklum, sudah puluhan tahun abah itu bergaul dan memiliki bos dari etnis tionghoa. Kerjaan beliau itu serabutan, diperaya oleh bosnya sebagai marketing dan surveyor lahan bagi investor-investor tanah, alias bahasa kerennya 'calo tanah'. :D

Uang hasil calo tanahnya gw yakin sih halal. Karena dia itu jujur, dia gak pernah jualin tanah orang yang udah punya orang kayak sekarang lagi ngetren di sekitar kecamatan curug dan panongan. Ya, banyak calo-calo tanah yang kaya mendadak di sekitar kecamatan gw ini, rumahnya besar-besar, mobilnya bagus-bagus (bukan mobil LCGC, tapi pada beli SUV kayak CR-V atau Pajero) gara-gara jualin tanah yang sebetulnya milik orang.

Entahlah, modusnya bagaimana, gw juga gak tau. Sekedar info, para calo-calo itu udah pada canggih, seperti terorganisir dan ada orang kaya yang menyokong. Mereka memalsukan surat (girik/akta) tanah berhektar-hektar punya orang yang mereka ukur. Coba saja kalo lagi maen ke sekitar Curug atau Panongan, tanyakan tentang 'Tanah MBI' ke pak lurah atau pak RW. Gw juga gak tau apa itu kepanjangan MBI, yg jelas kata abah ya malsuin akta tanah orang, trus dijual. Entahlah, mungkin 10-20 tahun lagi Kabupaten Tangerang pasti bakal banyak kasus sengketa lahan kayak di Jakarta. Ngerii...

Lha, kenapa ngomongin orang genk? Mana go green abah lu?

Pernah suatu hari, sekitar semingguan yang lalu. Saat abah lagi gak kemana-mana, maklum akhir-akhir ini bosnya belum berminat mencari lahan lagi. Abah sedang asyik ngorek-ngorek samping halaman rumah tetangga. Beliau ngorek-ngorek tempat pembuangan sampah yang sering di pakai membakar sampah.
Abah lagi ngorek-ngorek tempat pembuangan sampah. Sepertinya lagi nyari emas. :D
Abah itu bener-bener ulet dan rajin. Setau gw, dia selalu bangun jam 5 pagi. Abis subuhan, dia gak tidur lagi, lantas ganti kolor nyari kegiatan apa aja di sekitar rumah. Kayak misal ngebenerin bangku kayu yang udah rusak. Bikin pagar buat halaman belakang. Mlester sebagian tembok rumah sendirian. Ngecat tembok. Rapihin saluran aer. Bersihin halaman. Dan termasuk seperti di atas, ngorek-ngorek tempat pembuangan sampah. Salut, jauh banget sama gw, kalo lagi gak ada kerjaan bangun tidur-tidur lagi. :D

Sekedar info dari emak, abah udah ngoprek-ngoprek itu halaman dari jam 7 pagi.
Photo ini gw ambil sekitar jam 10-an
Abah terkenal irit tapi tetap loyal kepada anak-anaknya. Abah suka bawel kalo terkadang lampu ruangan lupa dimatiin sampe jam 7 pagi aja, atau pompa aer sanyo (listrik) kelamaan di pake, tapi meski begitu dia gak pernah pelit kalo kadang gw terdesak kebutuhan ekonomi dadakan (mungkin karena namanya anak kali ya?).

Tapi meski pun berpola hidup irit, tapi tiap ada hiburan kesukaannya, yaitu jaipongan abah tak segan nyawer hingga ratusan ribu (ini bukan memaparkan aib ya, tapi ini tradisi, selama abah gw gak kawin lagi, woles aja gw mah. :D), royalitas kepada temennya juga tak kalah hebat. Beliau tak pernah pelit meminjamkan uangnya kalo lagi dapet keuntungan dari nyaloin tanah. Makanya jujur ya, abah yang kelahiran 1953 ini terlihat lebih senang dan selalu berkecukupan, prinsip hidupnya cuma "Gak mau minta-minta, apalagi ke anak. Pantang buatnya minta-minta."

Balik lagi ke gaya hidup go green-nya. Abah itu paling seneng ngumpulin barang bekas, semisal botol akua gelas atau minuman lainya yang jika ia menemukan di pekarangan rumah, di dapur atau bekas anak-anaknya minum yang di buang begitu aja dikumpulkannya ke dalam karung. Termasuk sampai plastik kreseknya. Wahhh...

Makanya di hari itu, alasan abah ngorek-ngorek tempat pembuangan sampah selain ngebersihin tempatnya, juga mencari harta karun berupa barang bekas ojolan.
Harta Karun yang ia temukan saat ngorek-ngorek tempat itu.
Dari info yg gw dapat, ojolannya itu dijual seharga 17rb US Dollar Rupiah.
Sebelumnya ini adalah tumpukan sisa pembakaran sampah.
Demikianlah gaya hidup lumayan go green ala abah. Semoga menginspirasi. Gw sendiri lagi nyoba seperti beliau. Hehehehehe....

Wassalamu'alaikum, Wr, Wb.

2 komentar:

  1. 17 ribu untuk sekresek itu lumayan mahal loh. Di sini paling cuma 5 rebu mungkin hahaha..

    Btw, lingkungannya agak agak kumuh ya... halah, paling cuma perasaanku saja nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... maklum mas, isinya itu ada alumunium bekas odol pepsoden dan besi-besi paku2 karatan. Bekas-bekas lampu itu, maklum, pabrik mebel itu sebelumnya adalah tempat bos limbah, memilah-milah sampah dari pabrik. :D

      Yah, begitulah kampung saya, udah mulai kumuh... tapi untungnya masih banyak pohon, belum mirip pinggiran Jakarta bgt...

      Hapus

Kalau mau komen silahkan komen. Siapa aja boleh komen, apa aja asal tidak menghina SARA. Woles men...