"Kita sudah cukup begini, kita hanya punya nama baik, itu saja yang harus kita jaga terus." (Muhammad Hatta)

Pasir Rangkas

Minggu, 24 November 2019

Tambang Pasir Rangkas di Kecamtan Curugbitung, Lebak.
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Selain jadi daerah penyuplai buruh ke ibukota, Kabupaten Lebak juga terkenal akan sumber galian C berupa pasir. Orang proyek biasa menyebutnya pasir Rangkas, meski sebetulnya tambang pasir di Lebak kebanyakan bukan berada di Rangkasbitung, melainkan di wilayah Maja, Curugbitung, Cimarga dan Sajira.

Pasir Rangkas berwarna putih kecoklatan, cocok digunakan untuk segala jenis pekerjaan konstruksi bangunan. Di ibukota, pamor pasir Rangkas cukup mentereng, terkenal sebagai pasir yang mudah menyatu dengan banyak jenis adukan meski kualitasnya masih berada sedikit di bawah pasir Jawilan Serang.

Poto ini sendiri adalah salah satu tambang pasir Rangkas, terletak di sekitar kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Jalan menuju ke tempat tambang sudah mulai mulus, tentu saja biar truk-truk milik para pemodal bisa mulus melewatinya. Tapi tidak dengan banyak jalan penghubung kampungnya di pedalaman, biasanya cuma berupa kerikil yang kalau hujan lebih mirip kubangan. 

Kalau bicara Lebak biasanya aku mengunggah keindahan alamnya yang hijau berbukit-bukit. Atau kesunyian sawah-sawahnya yang berundak-undak. Tapi kali ini aku unggah foto tambang pasir. Bukan bermaksud usil. Cuma sedikit mengingatkan bahwa alam sudah banyak memberi manusia penghidupan. Meski terkadang penghidupan itu harus dibayar dengan uang dan keringat. Dengan darah dan air mata. Dan juga yang lebih pahit, dengan bencana.

#PasirRangkas #Lebak #Banten

-----
Cipanas, Lebak, 24 November 2019
Repost dari catatan Facebook pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau mau komen silahkan komen. Siapa aja boleh komen, apa aja asal tidak menghina SARA. Woles men...