"Kita sudah cukup begini, kita hanya punya nama baik, itu saja yang harus kita jaga terus." (Muhammad Hatta)

Sajak H-3

Kamis, 16 Agustus 2012

Jam 2 Pagi...
Sekarang sudah H-3
27 Ramadhan 1433 Hijriyah
16 Agustus 2012 Masehi

Kau lihat apa?

Tadi...
Aku lihat...
Banyak mobil penuh sesak oleh keceriaan rindu
Banyak orang berlalu pergi memutar roda pasar
Banyak berita di TV tentang mudik di Pantura yang tak pernah habis oleh perbaikan
Banyak cerita tentang gembiranya muslim menyambut kemenangan

Tadi...
Aku lihat...
ada kampung pinggiran yang sudah mulai sepi oleh ramainya perantau
ada pabrik-pabrik yang sudah mulai sepi oleh keriuhan semangat buruh
ada raut ceria para penjual baju dan makanan
tapi, tak seceria pak tua penjual sang saka kebanggaan

Aku lihat...
laju ekonomi seperti gelombang kejut di setiap penjuru keramaian
berbondong orang memborong keinginan untuk menyambut lebaran

inilah puncak yang menurutku 'ledakan ekonomi'
menggerakan ekonomi meski inflasi tegap mengancam

Hmm...

Aku juga lihat...
surau-surau hanya tinggal beberapa shaf
sajian-sajian berbuka tak seperti awal ramadhan

Tapi aku juga lihat...
Sebagian orang masih gembel mengemis meminta-minta
Sebagian muda-mudi masih bingung dan malu karena menganggur
Sebagian orang tersedu karena tak punya banyak uang
Sebagian orang sedih karena tak bisa lengkap berkumpul
Sebagian orang terpaksa beringas merampas

Tapi aku juga lihat...
Sebagian orang masih picik membakar materi di perutnya
Sebagian orang masih buas dengan status kekuasaannya
Sebagian orang masih buta dengan kerakusan jati dirinya
Sebagian orang masih sombong dengan dengan ketamakannya
Sebagian orang masih bangga dengan kekejiannya

Aku juga lihat...
Aku...
Masih sangat beruntung...
Amat sangat...
Meski rencana harapan di lebaran tahun lalu...
Belum semua terselesaikan...
Meski aku pun tak pernah selalu lebih baik seperti apa yang aku lihat tadi

Dan apa yang kau lihat?

1 komentar:

Kalau mau komen silahkan komen. Siapa aja boleh komen, apa aja asal tidak menghina SARA. Woles men...