"Kita sudah cukup begini, kita hanya punya nama baik, itu saja yang harus kita jaga terus." (Muhammad Hatta)

Padi, identitas sejati band negri...

Senin, 21 Juni 2010

Akhirnya,cita-cita saya buat me-review salah satu Band favorit saya di Blog pribadi saya sendiri tercapai juga... (Hihihihi biarpun nggak sebagus reviewan blogger ternama). Sebelumnya, Padi I Love You Full....

Langsung saja mengenai sejarah band Padi. Band ini berasal dari kota terbesar nomor 2 di Indonesia yaitu Surabaya, Jawa timur. Dikutip dari situs resmi sobatpadi.net, Padi sebenarnya hanyalah sebuah band kampus di Universitas Airlangga Surabaya yang beranggotakan Andi Fadly Arifuddin (Fadly, Vokalis), Satriyo Yudhi Wahono (Piyu, Gitar), Ari Tri Sosianto (Ari, Gitar), Rindra Risyanto Noor (Rindra, Bass), dan Surendro Prasetyo (Yoyok, Drum).


Sebelum bernama PADI, band ini dulu bernama SODA. Mereka tampil pertama kali di sebuah acara kampus di Fakultas Hukum Unair Oktober 1996. Barulah pada tanggal 8 April 1997 mereka mengganti nama band-nya dengan nama PADI. Nama ini dilontarkan pertama kali oleh Yoyok, sang drummer. Selain karena filosofinya semakin berisi semakin merunduk, ibarat makanan pokok mereka menginginkan band ini bisa dinikmati oleh semua orang. Mulai dari tukang becak, anak kecil, hingga para eskesuktif berdasi. Meski nama PADI sering dianggap "kampungan", karena dianggap makanan orang susah. Tapi PADI punya makna sangat membumi, di mata mereka PADI juga merupakan lambang kesejahteraan. Salut deh buat filosofinya.

"Identitas sejati band Negri", itulah yang ingin saya angkat dalam tema posting saya kali ini. Tidak salah saya mengatakan itu, bayangkan setelah lebih dari 13 tahun eksis di belantika musik tanah air, band ini masih kompak dan mampu bersaing dengan pendatang-pendatang baru yang juga tak kalah kreatif.

Kesejatian Padi yang membuat saya kagum adalah tidak asal-asalnnya mereka dalam membuat sebuah lirik lagu yang dicampur dengan irama berkualitas tinggi yang mampu menggoyangkan perasaan di setiap pendengar alunan lagunya. Selain itu, jarangnya para personil Padi membuat sebuah sensasi untuk mencari nilai popularitas membuat saya semakin yakin bahwa band ini patut diidolakan.

Banyaknya penghargaan yang mereka dapat (Lihat disini penghargaan mereka) membuktian bahwa mereka memang serius menggeluti musik. Bukan untuk numpang eksis. Musik pula bukan tujuan utama mereka dalam mencari kekayaan, tapi saya yakin karena mereka benar-benar mencintai alunan syahdu musik yang serasa menggetarkan. Tak seperti kebanyakan band-band baru yang bermunculan, tanpa kualitas lirik dan irama band-band baru tersebut hanya menumpang ketenaran semata. Berbeda dengan Piyu Dkk, ya, menurut saya mereka sengaja membuat musik indah dan berkualitas sehingga para penikmat musik seperti saya merasa puas begitupun mereka, merasa puas juga karena telah membahagiakan orang.

Hakikatnya, menurut saya Band Padi adalah penjelmaan sejati dari kecintaan seseorang terhadap sesuatu, namun mereka memaksimalkan apa yang mereka cintai hingga akhirnya meraih apa yang mereka harapkan. Bisa berupa kepuasan batin semata ataupun kepuasan materi yang secara tidak langsung  mengikuti mereka.

Lewat lagu-lagunya, band ini telah mengilhami saya untuk melakukan hal apapun sebaik-baiknya. Entah dalam bekerja, blogging, bersosialisasi atau apapun. Ya, sejatikan diri kita terhadap apa yang kita cintai namun dengan tidak melanggar nilai agama, norma, etika dan tentu hukum. Toh jika kita melakukan hal tersebut dengan sebaik-baiknya, saya yakin hasil bombastis akan mengikuti kita secara otomatis.

Untuk Padi, Identitas sejati band Negri. Terus berkreasi dengan kualitas tinggi. Dan semoga, kesejatianmu menular pada seluruh elemen Bangsa ini.

Dedicated For My Favourite Band...

1 komentar:

  1. hmmm... aku juga suka sob sama padi band, sayangnya dah g ngeluarin album lagi y?

    BalasHapus

Kalau mau komen silahkan komen. Siapa aja boleh komen, apa aja asal tidak menghina SARA. Woles men...