"Kita sudah cukup begini, kita hanya punya nama baik, itu saja yang harus kita jaga terus." (Muhammad Hatta)

Cerita Lebaran 1434 Hijriah (Bagian 1)

Rabu, 28 Agustus 2013

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakaatuh

Sebenernya tulisan gw kali ini gak mau panjang lebar, tapi apa daya, karena keasyikan nulis akhirnya nih tulisan panjangnya ngalahin Longer Heavier Vehicle (dibaca: lonjer hipaie'r pihaike'l disingkat: truk kontainer) hingga harus di bikin 2 bagian. Hahahahaha... Prett, bilang aja geng lu males mikir lagi buat nulis.

Ok tanpa banyak prakata pembuka kita langsung ajach ke TKP (Tanda Kartu Penduduk). :D :D :D

Alhamdulillah HiRabbil'alamin... Karena lebaran kemaren 1434 hijriah gw masih diberi umur, sehat badan wal'afiat jadi bisa kumpul-kumpul bareng keluarga besar baik keluarga engkong dari emak gw yang orang Arab (dibaca: Orang Pasirandu, Curug Tangerang), dan keluarga besar Almarhum engkong dari abah gw yang orang Jerman (dibaca: Orang Kampung Kadu, Curug, Tangerang).

Sebelumnya gw dan keluarga mengucapkan Minal Aidzin Walfaidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Mumpung masih bulan Syawal. :)

Engkong Haji Ondeng yang lahir sejak dekade 30-an poto bareng cucunya yang paling ganteng yaitu gw.
Engkong sudah 7 tahun menduda, mungkin kalo ada rekanita blogger yang naksir ayo silahkan :D


Bagi-bagi persenan di rumah engkong Haji Ondeng di Pasirandu
Baru sedikit yang terekspos, aslinya ada sekitar 21 anak kecil.
Alhamdulillah, tahun ini gw masih bisa mersen banyak anak-anak kecil meski nominalnya masih sama seperti tahun lalu yaitu 5 ribu rupiah. Cuma memang volumenya aja yang agak banyak. Kalo tahun lalu gw gak ngasih anak-anak tetangga rumah yang masih SD ke bawah, tahun ini gw ngasih. Total anak-anaknya jadi makin banyak. Anak tetangga sekitar 11-an orang. Anak kecil di keluarga besar pasirandu ada sekitar 20-an anak-anak. Dan dirumah engkong dari abah ada sekitar 30-an anak-anak. OMG.... Tapi gak apa-apa lah, toh gengsi sekaligus malu juga kalo kita udah gawe gak ngasih persenan. Dulu juga kita waktu kecil di kasih persenan kok, masa iya sekarang udah gede gak ngasih persenan, apa kata dunia... :D

Ini suasana pembagian persenan di keluarga besar abah.
Terlihat saudara sepupu gw lagi bagi-bagi persenan, sayangnya di sini gw gak poto-poto saat gw ngasih persenan. :(
Meski persenan gw memang relatif kecil tapi syukur Alhamdulillah, gw masih bisa mersen emak kolot (nenek) yang sudah menjanda hampir 11 tahun dengan nominal yang lebih besar dari tahun lalu, nominalnya gak gw sebutin, takut dibilang riya, yang jelas lebih besar berkali-kali lipat lah di banding persenan bocah-bocah.

Hehehehehe... ayo siapa yang naksir nenek gw yang kelahiran dekade 30-an juga, gw comblangin deh. Cuma memang sayangnya gw lupa mau poto-poto bareng nenek. Maklum, malu, takut dibilang alay. Hahahaha...

Syukur Alhamdulillah lagi, tahun ini gw bisa beli 1 dus sarung gajah duduk yang isinya 10 dan 2 dus nastar yang gw bikin paket-paket, 6 paket gw kasih emak suruh di gabung dengan paket emak dan bagiin ke sanak saudara. 4 Paket diantaranya gw kasih ke orang-orang tua yang masih semangat bekerja di tempat yang berpenghasilan minim. Bapak tua tukang parkir di pertigaan yang sering gw lewati, bapak penjaga sekolah di tempat kerja gw sebagai tukang bangunan, bapak tua penjaga mesjid yang suka jaga kotak amal di pinggir jalan yang sering gw lewati dan seorang pemuda di kampung gw yang kurang beruntung karena punya epilepsi dan gak punya rumah serta keluarga. Untuk paragrap ini terserah deh mau dibilang riya, pencitraan ato pamer gimana gitu, yang jelas gw emang udah niat dan ikhlas kalo lebaran nanti gw dapet kerja yang layak gw akan memberi sebagian kecil harta gw. :)

Gambar dus sarung gajah duduk, yang sampe saat ini belum gw buang. Orang barusan pas nulis ini gw potonya. :D
Cius loh gw belinya sedus, kalo gak percaya tanyain aja ke emak gw. Hahahaha...
Sebetulnya banyak syukur-syukur Alhamdulillah lain, cuma gak gw sebutin satu-satu, karena takut di bilang over riya. Hahahaha, yang jelas yang utama itu gw ngasih THR ke emak, ke abah, ke 2 adek gw lebih besar dibanding tahun lalu meski sebenernya ada sedikit cerita menyedihkan dimana THR gw dari si Bos Konsultan Proyek di makan temen sekerjaan juga. Tak apalah, gw ini udah sering banyak ketipeng, toh dari situ gw dapet jalan THR lain yakni dari si Bos Kontraktor Proyek yang Alhamdulillah sedap nominalnya. :D Untuk temen gw, mungkin itu udah rezeki mereka melalui jalan menipu, yang jelas sekarang gw udah maaf-maafin temen gw juga kok, karena mereka minta maaf duluan.

Satu pesan bro, hidup itu memang ada pahit manis, tapi gw selalu percaya dan optimis bahwa ketika kita diuji dengan kepahitan, niscaya Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa menganntinya dengan banyak manis yang mengalahkan senyum cewek korea sekalipun. :D

Dan satu pesan lagi, jangan takut untuk memberi. Karena memberi itu memang terangkan hati. Memberi bukan karena ada maksud dan tujuan alias Modus kayak para politikus saat ini. Tapi yakin memberilah karena cinta kasih dan kebersamaan, niscaya Alloh SWT memberkahi setiap jejak langkah kita. Amiinnnn....

Sekian, bersambung di bagian dua yang Insya Alloh 4 hari lagi deh gw tulis. Untuk dibagian 2 nanti mengenai gw jalan-jalan pasca lebaran.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

1 komentar:

  1. engkongmu mirip kamu ya hahaha...

    semoga kalian nanti nikahnya bareng #eh #eh

    BalasHapus

Kalau mau komen silahkan komen. Siapa aja boleh komen, apa aja asal tidak menghina SARA. Woles men...